kimono

Anime Kimono

Jumat, 12 Februari 2010

GAKKO



Konnichiwa minasan...
Kita akan membahas "GAKKO" atau sekolah ala " Jepang (Nihon)". Sekolah di negri satu ini memiliki aturan yang unik. Setiap sekolah memiliki loker lemari kecil yang berfungsi untuk menyimpan sepatu , buku pelajaran atau baju olahraga dan lainnya. Setiap murid harus mengganti sepatunya terlebih dahulu dengan sepatu yang disiapkan khusus di dalam sekolah , kita menyebutnya "WABAKI".
Sekolah dasar , sekolah menengah pertama dan atas pun berbeda yaitu anak - anak SD memakai pakaian bebas, sedangkan SMP dan SMA memiliki 2 macam seragam yang digunakan khusus musim panas dan musim dingin. Lebih menarik lagi ketika musim gugur dan musim dingin ketika angin bertiup kencang, mereka menggunakan atasan berlengan panjang dilapisi jas tetapi rok bawah tetap berukuran mini sedangkan laki - laki denghan gaya celana panjang.Berbeda dengan musim semi dan panas,mereka menggunakan baju lengan agak pendek dan tetap dengan rok mini(perempuan).
Para siswa masuk pada jam 9.00 - 14.00. Kemudian istirahat dimulai jam 11 selama 1 jam, biasanya kesempatan ini digunakan untuk tidur siang atau makan bekal bersama - sama dengan teman - teman. Yups, kebiasaan yang tak pernah lepas dari orang Jepang adalah membawa bekal, mulai dari anak -anak hingga orang dewasa sekalipun.
Seperti hal nya di Indonesia, disana juga terdapat sekolah swasta dan negri. Namun yang membedakan adalah pemerintah membiayai sekolah negri di negri sakura itu.
Namun ada sekolah yang unik dimana para siswa nya belajar teknologi terkhusus pembuatan robot.Tempat ini disebut "OITA".
So, bagi kita yang tertarik belajar ke luar negri, sepertinya Jepang tepat untuk itu. Bahkan bagi kita yang ingin membuat robot, bisa belajar juga ke negri " NIPPON".

0 komentar: